Senin, 07 Juni 2010

lapeeeeeernya...

Ih, sore-sore gini gue laper... yaiyalah ini belom makan dari tadi siang!! Udah lapar begini diriku dengan jeniusnya membuka-buka situs yang berbicara dan mengupload gambar-gambar makanan....

Mau tak mau perutku mulai menyanyikan lagu kesu
kaan mereka *lagunya Tasya tempoe doeloe yang liriknya gini : kemarin paman datang, pamanku dari desa, dibawakannya buah-buahan dan sayur mayur segala rupa (amangnya orang ada rupanya?? mbak tasya, mbak tasya...)*

Daripada ileran laper sendirian (guekan orangnya suka berbagi...) mending kita ileran kelaperan barengan, sebagaimana pepatah lama,
makan gak makan asal bareng (bareng kelaperan maksudnya), jadi gue iseng2 upload beberapa jenis makanan khas Kalimantan Timur (junkfoodkan gak sehat...) tapi menurut gue gak semuanya nih makanan dari Kalimantan Timur.... LOL

Yaaaaa inilah camilan kesukaan saya Amplang!!! kalau anda datang ke samarinda (untuk menghindari dehidrasi cairan otak karena kebisingan dan polusi kota, terutama di kota2 besar di pulo jawa hal ini sangat saya sarankan!!!) anda wajib beli nih camilan, harus, wajib, kudu, kagak gue buang kesungai mahakam loe! hehehe...

Walaupun bentuknya abstrak, jajar genjang kagak, bulet kagak, oval kelonjongan, tapi makanan satu ini merupakan makanan gaulnya kaula muda samarinda tahun 70-80an *baca : parent-parent kita gitu* konon katanya aslinya dari banjarmasin nih, bujurkan haja gin...


Kalau menurut mami gue yang udah makan asam garam (kesian amat nyokap gue, orang pada makan nasi die makan asem ama garem, ape rasenye??? hehehe pisss mieh,,,) Buras ini makanan dulunya populer banget dan laku keras, sayangnya karena banyaknya makanan improt sekarang makanan ini jarang yang doyan, ck,ck,ck...

Amparan Tatak ini merupakan kue yang terbuat dari tepung, santan kental dan pisang, jadi yang kolestrol ma tekanan, tidak disarankan hehehehe...

Ini dia namanya : Gangan Asam atau sayur asam bahasa indonya, sayur asem ini banyak versinya, versi kutai, banjar, betawi katanya lagi ada yang versi jawa, gua mah yang mana aja sikaaaaat!!!

Yang satu ini nih gue bingung dan baru tau....

Sejak kapan yak, tahu digunting2 terus dikasih sambel jadi makanan khas Kalimanatan Timur??? emang sih gue sering makan, tapi aneh aja gitu tahu digunting doang bisa jadi makanan khas...
Ntar deh, gue bikin telor gunting, kali aja ntar ngetren....